Senja Pada Taman Bunga Kota Roma.


#Senja itu pun tiba. Pada taman kota Roma yg Berbunga. disana terdiam seribu mawar merah mudA. Cantik, ranum mekar harum nya luar biasa. Setiap penduduk Roma senang berkunjung kesana. tua muda cantik buruk rupa bahkan para dewa. Pada taman Roma yg penuh bunga, banyak kisah Romantika klasik yg telah terukir disana. bahkan harumnya menginspirasi sejuta kisah cinta. dia mengiringi kisah kisah yg melegenda..sperti aphrodite yg mempesona dan kisah cinta Hellia. Konon dahulu kala..Zeus dan Hera pernah duduk disana. Mereka bernostalgia dan berbual soal dunia manusia. Vesivius dan Hercules juga pernah nikmati senja sembari merasakan harumnya bunga delaRossa. Tercatat pada leganda, kala itu pada April dahulu kala saat dimana Pompei belum porak poranda. mereka berbincang tentang dunia, berdebat soal wanita dan mencoba mengerti apa itu cinta.

Kini april ke Lima telah tiba..pertanda musim bunga. Semua akan mekar bersenandung sukacita. April, dan Aphrodite itu sejatinya sama, Yang berarti dewi cinta orang Roma. Sore kali ini senja begitu indah bermandikan cahaya elegi jingga.Disana terduduklah seoarang musyafir dengan seoarng pemuda. Mereka terlihat berbincang dan saling beradu dalam kata. Terkadang keduanya terdiam..terpana mata beradu pada indahnya senja dibalut bingkai bingkai mawar delaRossa..bunga bunga taman kota Roma.

"apa perlunya cinta, apakah engkau bisa menjawabnya?", pemuda itu berkata. sepertinya dia tengah kecewa "tanpa cinta tak ada dunia", sang musyafir angkat bicara.

lalu sang pemuda bertanya "apa kau bisa menggambarkan sperti apa itu cinta wahai musyafir yg bijaksana?"

"wahai pemuda..untuk mengerti cinta sama seperti memahami dunia. dia lah jiwa alam semesta. hakikat nyata dari kuasa sang pencipta. dia sperti warna alam smesta..berjuta rasa berjuta indahnya. dia murni dari segala apa yg ada. sucinya tulus tanpa noda. dan cinta adalah kesederhanaan yg paling kaya..takkan mampu kau menyelami kedalamannya bila hatimu kau tutup dgn dengki dan dusta. dia beriak tak terduga, berontak tak kau sangka"
"musyafir yg bijaksana, bagaimana agar aku bisa mengerti cinta? haruskah kubenamkan tubuhku pada palung terdalam samudera? aku tak gentar deminya, wahai Guruku. himalaya kan kudaki tuk mencarinya. cerahkan jiwaku sperti budha..tuntun aku sperti Musa.. katakan padaku apa itu cinta wahai musyafir yg bijaksana".

#senja pun tiba..dan mawar merah muda berkilau bercahaya diterpa elegi jingga. pada taman Roma yg berbunga, senja itu tiba dgn indahnya..berlantun nada, seirama sorga.

"wahai pemuda..akan kutunjukkan padamu apa itu cinta. lihatlah dgn hatimu yg mulia. rasa dan raba dgn tulusnya jiwa. berjalanlah hingga ke ujung taman bunga yg ada disana. pilihlah satu mawar terindah yg kau suka..tp ingat jgn pernah berbalik setelah kau menelusurinya"
"baiklah musyafir yg bijaksana"

#senja tersipu malu saat tiupan angin membelai indahnya warna seribu rupa pada bunga bunga. senyumnya damaikan kota Roma, harum semerbak tentramkan jiwa. berjalan perlahan , sang pemuda tinggalkan taman bunga..

"musyafir yg bijaksana", Pemuda itu terlihat kecewa.
"kutunaikan perintahmu yg bijaksana. kulangkahkan kakiku hingga ke ujung taman bunga"
"wahai pemuda pujangga kota Roma. kenapa tak satupun kau petik mawar merah muda..apakah kau tak menemukan yg kau suka, yg damaiakan jiwa, atau mungkin yg bisa membuatmu bahagia?"
"musyafir yg bijaksana, dlm perjalanaku di taman bunga. hatiku terpesona pada sekuntum mawar muda disana. tetapi, aku berpikir mungkin masih ada yg lebih indah darinya. lalu kutinggalkan ia. aku sungguh menyesal wahai musyafir..ternayata di depan sana tak ada seindah dirinya. oh musyafir yg bijaksana..bisakah aku kembali padanya?"

"wahai pemuda. jika kau menemukan cinta, terimalah apa adanya. kesempurnaan itu adalah hampa. hampa itu hanya kosong belaka. dan kosong itu hakekatnya adalah tiada. menerima apa adanya adalah wujud cinta paling nyata. kesederhanan ada padanya..dan senyum terindah adalah hadiah dari sang cinta. apalagi yg kau cari, jika hatimu terasa begitu bahagia. bukankah kebahagiaan hakekat lain dari sorga? tak perlu resah bila seyuman itu selalu ada. Dan semuanya akan terasa sempurna..sesempurna hati yg bersemi dimusim bunga. Para petualang jauh berlayar kelilingi Dunia..panjang lagkah musafir membelah sahara..mereka itu mencari cinta, Cinta dari segala Cinta. Cinta kepada sang pencipta. Bermakna lah hidup mereka sang pencari cinta. pencari ridhonya..untuk mengenal betapa Ia maha kuasa, dan Sujud itu pun semakin bermakna.
subahanallah, maha suci engkau Ya Tuhanku sang pencipta alam semesta..pemberi anugrah, pemberi Cinta".

#Tercatat saat perjalanan dari Brunai ke Manila. Pernah bertemu, lalu berlalu. Dari Manila ke Okinawa..lagi bertemu, dan pun lagi berlalu. sebenarnya apa.. sebenarnya mengapa.. Bila engkau percaya, itu lah yg namanya takdir..bertemu dan dipertemukan pada jalan yg telah ditentukan. kapan..dimana dan siapa adalah jawaban Tuhan. (satu lagi dari hati by;didi Ab)

Komentar

Postingan Populer